Senin, 27 April 2020

Cara Merawat Motor Kawasaki Ninja 150 RR

Motor Ninja RR saat ini banyak menjadi primadona para remaja masa kini. Dengan tampilannya yang sporty motor ini mampu memberikan gravitasi tersendiri bagi pemiliknya. Selain itu, keunggulan dari motor Ninja RR ini adalah mudah dalam perawatannya, sehingga tidak memerlukan biaya berlebih untuk melakukan perawatan.

Motor dengan mesin 2 tak berkapasitas 150 cc ini mampu berakselerasi dengan baik. Performa mesinnya memang tidak usah di ragukan. Keberadaan motor Ninja RR ini tentu saja menambah deretan versi dari keluarga ninja, di mana saat ini banyak sekali pilihan motor Ninja di pasaran. Sebagai pecinta motor Ninja, anda tinggal pilih sesuai bajet yang anda punya.

Cara Merawat Motor Ninja RR


Dalam segi perawatan, motor Ninja RR ini tergolong sangat ringan, karena dengan menggunakan mesin 2 tak motor ini sangat minim sekali perawatan yang serius. Hal-hal sederhana yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut.


1. Panasi motor terlebih dahulu kurang lebih 5 menit tiap pagi saat akan di gunakan. Hal ini bertujuan agar pembakaran menjadi lebih sempurna dan juga proses pelumasan oli pada mesin menjadi maksimal. Jangan memanaskan mesin terlalu lama, cukup 5-10 menit saja.

2. Gunakan oli samping yang berkualitas baik, untuk oli mesin motor ini cenderung lebih lama dalam penggantiannya, karena bermesin 2 tak, tidak seperti motor 4 tak yang harus rutin tiap bulan ganti. Untuk penggantian oli mesin bisa sampai 1 tahun, atau tergantung pemakaian.

3. Servis karburator dengan rutin, dan juga bersihkan filter udaranya, kalau perlu ganti filter udara agar kinerja mesin menjadi optimal.

4. Periksa setidaknya  1 bulan sekali air radiator atau sesuai penggunaan, karena motor ini menggunakan sitem radiator untuk mendinginkan suhu mesin.

5. Gunakan bahan bakar dengan kualitas bagus untuk meminimalisir terjadinya kerak sisa pembakaran pada ruang pembakaran.

6. Gunakan spart part original sewaktu memang di haruskan mengganti spart part.

7. Atur kekencangan rantai secara teratur dan beri pelumas rantai.


Rawatlah motor secara teratur agar spart part motor dapat bertahan secara maksimal. Demikian beberapa tips dari saya, semoga bermanfaat.